Loading...

Contoh Surat Edaran Umum

Loading...

Contoh Surat Edaran Umum adalah postingan yang akan saya share kali ini untuk anda para pengunjung semuanya. Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya di internet sudah banyak yang membagikan contoh surat edaran ini, sperti contoh surat edaran resmi, contoh surat edaran sekolah, contoh surat edaran khusus, contoh surat edaran pemberitahuan, contoh surat edaran perusahaan dan lain-lain. Dan semua surat edaran tersebut tentunya mempunyai isi yang berbeda-beda dikarenakan tujuannya yang juga berbeda. Nah untuk kesempatan ini, saya hanya akan membagikan beberapa contohnya saja, namun sebelum itu silahkan kita simak dahulu apa itu surat edaran?

Gambar Contoh Surat Edaran Umum


Surat edaran umum ini tentunya tidak asing lagi bagi sahabat, kita pasti sering melihat seperti apa surat edaran tersebut, bahkan sudah pernah membacanya. Di artikel ini kami akan mencoba untuk menjelaskan seputaran surat edaran tersebut.

Surat edaran ini merupakan surat pemberitahuan resmi yang akan diedarkan secara media tertulis. Surat edaran tersebut berisi pemberitahuan tentang suatu hal atau ketentuan. Contohnya kebijakan yang baru dari instansi tertentu yang berisi sebuah peraturan atau hal lain sebagainya, dan surat tersebut ditujukan kepada kalangan umum disebuah ruang lingkup tertentu.

Adapun macam-macam surat edaran, yaitu surat edaran dari pemerintah seperti yang sering kita temui misalnya surat edaran untuk perayaan hari nasional, surat edaran sensus penduduk, dan surat edaran untuk pemilu. Dan surat edaran dari instansi tertentu misalnya surat edaran dari rector untuk seluruh dosen, surat edaran dari direktur ditujukan untuk seluruh karyawannya, surat edaran dari kepala sekolah untuk seluruh guru, atau surat edaran dari guru untuk seluruh murid dan lain-lain.


Fungsi dari surat edaran ini adalah untuk memberitahukan sebuah informasi atau sebuah pengumuman yang sifatnya tidak rahasia dan ditujukan kepada orang banyak.

Adapun bagian-bagian yang terdapat dalam sebuah surat edaran diantaranya:

1. Kepala surat, yang meliputi, kop surat yang terdiri dari logo atau nama dan alamat organisasi tersebut dilanjutkan dengan hal atau perihal dan alamat yang dituju, kemudian dibagian kanan ditulis juga tanggal kapan surat tersebut diterbitkan.

2. Isi surat, pada bagian ini terdapat sebuah informasi atau sebuah pengumuman yang hendak disampaikan untuk orang banyak atau umum, dengan urutan pendahuluan atau pembuka, dilanjutkan dengan isi pokok surat dan diakhiri dengan penutup.

3. Kaki surat, pada bagian akhir ini ditulis nama jabatan pengirim surat serta tanda tangan, lengkap dengan NIP/NRP serta stempel dari instansi ataupun lembaga dan tembusannya bila ada.

Dari penjelasan di atas tentunya anda sudah mempuyai gambaran bagaimana format surat edaran umum ini, namun untuk lebih jelas, silahkan langsung saja diperhatikan beberapa contoh yang sudah saya siapkan dibawah ini.

Contoh Surat Edaran Resmi

PEMERINTAH KOTA MADYA BANDA ACEH
KECAMATAN KUTA BARO KUTA ALAM
Jln. Kelapa Dua No. 65 Kuta Baro Jaya Banda Aceh Telepon (0651) 675465
======================================================================

Banda Aceh, 10 November 2016

Nomor   : 20/KB/2016
Sifat     : Penting
Perihal : Kerja Bakti Bersama

Yth. Ketua RW 05, 06, 07 dan 10
Kelurahan Kuta Baro
Di Banda Aceh

Melalui surat keputusan dari Kepala Dinas Kesehatan Masyarakat Kotamadya Banda Aceh Nomor: 05/2.654 pada tanggal 10 Januari 2014 mengenai hal Jadwal Pelaksanaan Bulan Bakti Gerakan Menguras, Menutup dan Mengubur (BBG 3M) yaitu dalam rangka memberantas nyamuk demam berdarah serta penanggulangan bencana banjir, maka bersama surat ini kami mohon kepada para pengurus RW supaya mengoordinasi/mengarahkan semua warga untuk dapat melakukan kerja bakti tersebut, yang akan dilaksanakan pada:

Hari      : Senin
Tanggal : 15 November 2016
Waktu  : Pukul  08.00 s/d Selesai
Tempat : Lingkungan masing-masing RW

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan untuk dapat diketahui atas perhatian dan kerjasama bapak kami ucapkan terimakasih.

Lurah Kuta Baro


Ikhsan, S.SOS
NIP 200145267

Tembusan:
1. Wali Kota Madya Banda Aceh
2. Camat Kuta Baro
3. Ka. Si Kebersihan Kec. Kuta Baro
4. Puskesmas Kec. Kuta Baro


Contoh Surat Edaran Pemberitahuan

AKADEMI TATA BOGA BANDUNG
Jl. Raya Cinunuk No. 186
Telp. (0622) 7830286 Fax. 7830286 Bandung
=====================================================================

SURAT EDARAN
Nomor: 765/B/ATBB/2016

Kepada YTH:
Seluruh Mahasiswa Akademi Tata Boga Bandung
Di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan penegakan kedisiplinan bagi seluruh para mahasiswa, maka dengan ini kami sampaikan kepada seluruh mahasiswa yang bahwa dalam proses pelaksanaan belajar mengajar dikampus agar memakai baju kemeja berwarna putih, celana kain berwarna hitam lengkap dengan sepatu, dan dilarang untuk tidak merokok didalam ruang perkuliahan selama proses belajar mengajar.

Demikianlah surat edaran ini kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Banda Aceh, 15 November 2016

Pembantu Rektor I


Dr. Raja Muhibuddin

Tembusan Kepada YTH:
1. Rektor
2. Para Pembantu Dekan
3. Ketua Jurusan
4. Seluruh Dosen Pembina Mata Kuliah

Contoh Surat Edaran Singkat

SURAT EDARAN

Kepada Yth,
Para pengunjung Pasar Malam
Di Tempat

Dengan hormat,

Melalui surat edaran ini kami memberitahukan yang bahwa tanggal 25 November 2016 untuk sementara pasar malam di Blang Padang akan ditutup dan kembali dibuka pada tanggal 30 November 2016.

Demikian yang dapat kami beritahukan atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami


Ketua Penyelenggara Pasar Malam

Demikianlah 3 contoh surat edaran umum yang dapat saya bagikan kepada para pengunjung pada kesempatan kali ini, semoga contoh diatas dapat membantu sahabat, khususnya bagi sahabat yang sedang mencari sebuah referensi contoh surat edaran atau pengumuman. Jika dirasa surat edaran di atas bermanfaat, maka jangan lupa dishare kepada kawan-kawan kita yang lain melalui tombol yang terdapat di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana kami ini dan salam sukses dari kami admin www.contohsurat8.blogspot.com.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Edaran Umum