Loading...

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Loading...

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan ~ Surat pernyataan memang diperlukan bagi sesorang untuk menyatakan diri secara tertulis sehingga memiliki keterikatan akan suatu hal. Cara membuat surat pernyataan kesanggupan tidaklah begitu sulit, pada umumnya sama saja dengan surat pernyataan lainnya. Dibawah akan saya berikan sebuah contoh surat pernyataan kesanggupan yang baik dan benar, namun sebelum itu mari kita simak terlebih dahulu apa itu surat pernyataan kesanggupan.

Gambar Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan


Pada postingan sebelumnya tentang macam contoh surat pernyataan, telah saya singgung sedikit tentang pengertian surat pernyataan kesanggupan diri, yaitu surat yang dibuat oleh seseorang untuk menyatakan bahwa dirinya sanggup untuk melakukan pekerjaan atau aktifitas tertentu yang dibebankan pada dirinya. Secara umum ada tiga hal pokok yang harus ada dalam surat pernyataan, yakni :

1. Dibuat berdasarkan fakta
2. Dibuat tanpa paksaan pihak manapun
3. Menyatakan siap dihukum jika terbukti tidak sesuai dengan pernyataan

Jadi dalam membuat surat pernyataan kesanggupan, tiga hal diatas haruslah Anda penuhi. Lalu bagaimana format surat pernyataan kesanggupan? berikut ini akan saya bagikan contoh surat pernyataan kesanggupan semoga bisa menjadi referensi untuk Anda semua.

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan I

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                  : Andi Saputra
Tempat dan tanggal lahir     : Banda Aceh, 26 Februari 1989
Agama                               : Islam
Alamat                               : Jl, Widuri No. 43 Neusu Banda Aceh

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya :

1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan;
2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
3. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri / Pegawai Negeri;
4. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah;
5. Tidak sedang menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik;
6. Bersedia menjalani ikatan dinas sekurang-kurangnya dua tahun, atau sebagaimana yang ditentukan.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut dimuka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh Pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pemyataan saya tidak benar.

Banda Aceh, 17 September 2015

Yang membuat pernyataan,

Materai Rp. 6.000,-

Andi Saputra

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan II

Surat Pernyataan

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Ikhsan
Tempat, tanggal lahir     : Banda Aceh, 27 November 1989
Alamat                         : Jl. Widuri No. 45 Neusu Banda Aceh

Dengan ini saya menyatakan sanggup menjalani ikatan dinas sekurang-kurangnya dua tahun atau waktu yang ditentukan, jika saya telah tamat dari pendidikan di Universitas Indonesia pada program studi Tehnik Informatika.

Banda Aceh, 17 September 2015

Yang Menyatakan,


Ikhsan

Demikianlah dua contoh surat pernyataan kesanggupan buat Anda yang sedang membutuhkan. Silahkan lihat juga contoh surat pernyataan hutang terbaru 2015. Barangkali Anda juga sedang membutuhkan referensi dalam menyusun surat tersebut. Jika tulisan ini berguna bagi Anda, silahkan like dan share kepada teman-teman Anda yang lain. Terima kasih telah berkunjung dan salam sukses dari www.contohsurat8.blogspot.com.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan