Loading...

Contoh Surat Perjanjian Kerja

Loading...

Contoh Surat Perjanjian Kerja ~ Pada postingan yang terdahulu, telah saya bagikan sebuah postingan contoh surat perjanjian sewa rumah yang akan dipergunakan sebagai bukti tertulis dalam perjanjian sewa-menyewa rumah. Sedangkan pada kesempatan ini, saya akan membagikan contoh surat perjanjian kerja karyawan pada sebuah perusahaan maupun instansi tertentu.

Gambar Contoh Surat Perjanjian Kerja


Surat perjanjian kerja merupakan surat perjanjian yang dibuat oleh dua belah pihak yang pihak pertama adalah majikan dan pihak kedua selaku pekerja atau karyawan. Dengan adanya surat perjanjian kerja ini maka akan mengikat kedua belah pihak untuk saling memenuhi prestasinya. Pekerja berkewajiban untuk bekerja sebagaimana yang ditentukan dalam perjanjian dan majikan berkewajiban untuk memberikan sejumlah upah tertentu sebagaimana yang telah disepakati. Jadi dengan adanya surat perjanjian kerja secara tertulis ini, maka akan melahirkan konsekuensi hukum kepada kedua belah pihak apabila salah satu pihak tidak memenuhi kewajiban sebagaimana mestinya.

Lalu bagaimana cara membuat surat perjanjian kerja? membuat surat perjanjian kerja tidak jauh berbeda dengan surat perjanjian lainnya. Agar lebih jelas bagaimana format surat perjanjian kerja, silahkan simak contoh dibawah ini :

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karwayan

KOP PERUSAHAAN
======================================================================

SURAT PERJANJIAN KERJA CV. INGIN MAJU
Nomor: SPK-IM/_____/__/____

Yang bertanda tangan di bawah ini:
1. Nama     : ________________
    Jabatan : ________________
    Alamat   : ________________

Dalam hal ini bertindak atas nama direksi (_______________) yang berkedudukan di (_______________) dan selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2. Nama                                : __________________
    Tempat dan tanggal lahir     : __________________
    Pendidikan terakhir            : __________________
    Jenis kelamin                    : __________________
    Agama                              : __________________
    Alamat                              : __________________
    No. KTP/SIM                      : __________________
    Telepon                             : __________________

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama diri pribadi dan selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Pasal 1
Mulai Bekerja

Para Pihak setuju dan sepakat bahwa Karyawan mulai bekerja pada tanggal (______________).

Pasal 2
Posisi dan Tugas

PERUSAHAAN dengan ini menunjuk Karyawan dan Karyawan menerima penunjukkan kerja sebagai (_____________). Karyawan menyatakan kesediaan dan berkewajiban untuk melakukan aktivitas sebagaimana jabatan yang telah ditentukan tersebut.

Pasal 3
Gaji dan Tunjangan

1. Karyawan menerima gaji pokok adalah sebesar (Rp. ___________) perbulan.
2. Gaji karyawan dibayarkan selambatnya pada hari kerja terakhir pada bulan yang bersangkutan.
3. Tunjangan karyawan berupa tunjangan tetap maupun tunjangan tidak tetap bagi yang berhak mengacu kepada Peraturan PERUSAHAAN BAB VII PENGGAJIAN.

Pasal 4
Berakhirnya Perjanjian Kerja

1. Para pihak dapat memutuskan Perjanjian ini sewaktu-waktu dengan memberikan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sebelum hari pengunduran dirinya. PERUSAHAAN juga dapat mengakhiri perjanjian ini sesuai dengan Peraturan PERUSAHAAN BAB XIII PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA.
2. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dikarenakan pelanggaran yang dilakukan PIHAK KEDUA atau karena hal-hal yang merugikan PIHAK PERTAMA, maka PIHAK PERTAMA tidak wajib memberikan pesangon.

Pasal 5
Lain-lain

Ketentuan lainnya yang belum ditentukan dalam Perjanjian Kerja ini mengacu kepada Peraturan PERUSAHAAN.

Pasal 6
Penutup

Demikianlah perjanjian ini dibuat, disetujui, dan ditandatangani oleh Para Pihak, dibuat dalam rangkap dua, masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama. Satu dipegang oleh PIHAK KEDUA dan lainnya untuk PIHAK PERTAMA.

                                                                              Banda Aceh,___________________

KARYAWAN                                                                           DIREKSI


(__________)                                                                        (_________)

Itulah satu contoh surat perjanjian kerja yang bisa saya hadirkan kedepan Anda pada hari ini. Jika Anda adalah seorang pengusaha, tentu surat ini akan bermanfaat untuk Anda pastinya. Jika dibutuhkan, silahkan lihat juga contoh surat perjanjian hutang piutang. Yang sering berhutang pasti surat ini patut dilihat. Jangan lupa juga untuk like dan share kepada teman-teman Anda yang lain ya. Akhirnya, terima kasih telah berkunjung dan bersedia menyimak tulisan saya ini. Salam sukses dari www.contohsurat8.blogspot.com.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Perjanjian Kerja