Loading...

Contoh Surat Permohonan Cuti Akademik

Loading...

Contoh Surat Permohonan Cuti Akademik ~ Beberapa bulan yang telah lalu, sayang telah membagikan sebuah postingan tentang macam contoh surat permohonan, yang di dalamnya juga termasuk contoh surat permohonan magang kerja, contoh surat permohonan penangguhan pembayaran dan lain-lain. Melanjutnya postingan tersebut, pada kesempatan ini akan saya bagikan sebuah contoh surat permohonan lainnya, yaitu contoh surat permohonan cuti akademik.

Gambar Contoh Surat Permohonan Cuti Akademik


Surat permohonan cuti akademik atau yang lebih dikenal dengan surat izin non-aktif kuliah adalah surat permohonan yang dibuat oleh seorang mahasiswa/i yang bertujuan untuk memohon kepada akademik agar menghentikan sementara segala aktifitas akademik. Surat ini biasanya diajukan oleh mahasiswa karena ada suatu hal yang harus ia lakukan dalam waktu yang cukup lama, sehingga akan mengganggu aktifitas perkuliahan.

Lalu bagaimana cara membuat surat permohonan cuti kuliah tersebut? secara umum, surat ini juga tidak jauh berbeda dengan surat permohonan lainnya. Adapun bentuk/format surat cuti akademik ini yakni diawali dengan perihal, penerima surat, pembuka. Selanjutnya diikuti oleh identitas mahasiswa yang meliputi nama, nim, jurusan/prodi, semester, tahun akademik, alamat serta nomor kontak person.

Kemudian dilanjutkan pada bagian isi pokok dari surat, yaitu kata-kata permohonan izin kepada pihak bersangkutan, dalam hal ini akademik. Pada bagian ini juga disebutkan kapan waktu permintaan izin cuti yang diinginkan oleh mahasiswa tersebut. Kemudian utarakan alasan sehingga harus mengajukan izin cuti serta lampirkan bahan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk meyakinkan akademik. Terakhir adalah salam penutup dan tanda tangan dari mahasiswa yang bersangkutan beserta dosen penasehat akademik si mahasiswa tersebut. Agar lebih jelasnya bagaimana format surat permohonan cuti kuliah, silahkan simak contohnya dibawah ini.

Contoh Surat Permohonan Cuti Kuliah

H a l : Permohonan Cuti Kuliah

Kepada Yth
Bapak  Rektor
U.p. Kepala Biro AAK
UIN Ar-Raniry Darussalam
Banda Aceh

Assalamu’alaikum  Wr. Wb.

Dengan hormat, yang bertanda tangan di bawah ini

Nama                               : Ikhsan
N I M                               : 134 569 786
Jurusan/Prodi                  : Hukum Ekonomi Syariah
Semester                        : IV
Tahun Akademik             : 2012/2013
Alamat                            : Aceh Besar
Telpon/HP                       : 0852 6547 2345

Bermaksud mengajukan permohonan Cuti Kuliah selama 2 (dua) Semester mulai tanggal 09 September 2015 s/d  tanggal 09 September 2016. Permohonan cuti kuliah ini saya sampaikan karena :

1. Sebutkan alasan Pertama
2. Sebutkan alasan kedua (jika ada)

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan bukti-bukti pembayaran SPP semester IV Tahun Akademik  2012/2013.

Demikian permohonan cuti kuliah ini saya sampaikan, atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

                                                                                               Banda Aceh, 27 Agustus 2015
Mengetahui
Dosen Penasihat Akademik                                                                  Hormat Saya


(Nama Dosen)                                                                                         IKHSAN

Demikianlah contoh surat permohonan cuti akademik yang dapat saya bagikan pada kesempatan pagi ini, semoga sedkitnya dapat berguna bagi Anda yang saat ini memang sedang mencari referensi untuk menyusun surat tersebut. Apabila dibutuhkan, silahkan lihat juga contoh surat permohonan mutasi kerja. Dan jika postingan saya hari ini bermanfaat bagi Anda, mohon kesediannya untuk like dan share kepada teman-teman kita yang lain. Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya ini. Salam sukses dari www.contohsurat8.blogspot.com.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Permohonan Cuti Akademik